Wednesday, March 22, 2017

Dasar-Dasar PTK


Dalam pelaksanaan penelitian tindakan kelas, ada beberapa hal dasar-dasar yang harus diperhatikan oleh guru dalam pelaksanaan PTK, antara lain:
  1. Pekerjaaan atau tugas utama guru ialah melaksanakan belajar-mengajar atau membelajarkan sehingga pendekatan, metode atau strategi PTK yang diterapkan tidak mengganggu komitmennya sebagai pengajar (guru).
  2. Metode penelitian atau teknik pengumpulan data yang digunakan tidak menuntut waktu berlebihan dari guru yang berpeluang mengganggu proses pembelajaran.
  3. Metode PTK yang digunakan harus terpercaya sehingga memungkinkan guru mengidentifikasi dan merumuskan ‘hipotesis’ secara meyakinkan, mengembangkan strategi yang dapat diterapkan di kelasnya dan dapat memperoleh data yang bisa digunakan untuk menjawab masalah.
  4. Masalah PTK yang diusahakan oleh guru seharusnya merupakan masalah yang merisaukannya, bertolak dari tanggung jawab profesionalnya dan guru berkomitmen mengatasinya. Ini berarti, pendorong utama pelaksanaan PTK adalah komitmen profesional untuk memberikan layanan terbaik bagi siswa.
  5. Dalam melaksanakan PTK, guru harus bersikap konsisten menaruh kepedulian tinggi terhadap prosedur etika yang berkenaan dengan pekerjaannya.
  6. Dalam melaksanakan PTK guru harus menggunakan classroom-exceeding perpective dalam arti masalah PTK tidak hanya dilihat terbatas dalam konteks kelas atau mata pelajaran tertentu, melainkan dalam konteks misi dan tujuan sekolah secara keseluruhan.


EmoticonEmoticon